Loading...
28 Dec 2012

Sejarah Dan Biografi Imam Ibnu Malik

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
(1208-1274 M) Beliau lahir pada 597 H. Di Kota Al- Jayyan yang merupakan bagian dari wilayah Andalusia Spanyol. Beliau bernama Muhamad bin Abdillah bin Malik dan mendapat laqob Jamaludin dan Kunyah Abu Abdillah. Nama beliau yang terkenal adalah Ibnu Malik dengan menisbatkan nasabnya kepada kakeknya. Hal ini dikarenakan ta’adub dengan Rasulullah, karena nama beliau dan Rasullah sama yaitu Muhammad, begitu pula ayah beliau dengan nama ayah Rasulullah sama. Yaitu Abdullah, selain itu karena nama kekeknya lebih terkenal dibanging nama ayahnya. KOTA ANDALUSIA Kota Andalusia merupakan daerah yang terkenal kesuburannya dan banyak menghasilkan buah-buahan. Dahulu daerah ini dihuni oleh orang-orang Islam. Keberadaan kaum muslim pada saat itu sangat kuat, sehingga musuh dari luar tidak dapat masuk apalagi menguasainya. Bahkan musuh Islam sama ketakutan dan banyak yang meminta perlindungan keamanan pada penduduk Andalusia. Kemudian diantara orang-orang Islam itu terjadi perpecahan, sehingga pertahanan mereka yang asalnya kuat menjadi lemah dan keropos dari dalam. Keadaan seperti inilah yang dimanfaatkan orang-orang Nasrani untuk menaklukkan Kota Andalusia sampai sekarang. MASA MENCARI ILMU DAN MENGAJARKANNYA Untuk meningkatkan wawasan dan ilmunya beliau pindah ke tanah Halb. Dikota inilah beliau belajar ilmu lughat Arab, mazhab dan lain-lain. Situasi pada saat beliau lahir (abad VII H) mulai kacau, kekuasaan Bani Abbasiyah semakin berantakan. Di pihak lain Dinasti Saljuk terus mengalami kemajuan di sejumlah wilayah timur. Tahun 656 H. Pasukan Holagu menyerbu Baghdad, mereka berhasil menguasainya berkat bantuan menteri Ibnu Al- Qami, seorang pengikut Syiah. Maka berakhirlah kekuasaan Abbasiyah dan Saljuk. Sementara itu perang Salib yang berlangsung cukup lama ditambah serbuan-serbuan pasukan Inggris dan Raja Syiria, telah mengakibatkan Dinasti Ayyubiyah di Mesir semakin lemah. Tahun 648 H. Dinasti ini hancur. Keadaan kota kaum muslimin di Andalusia juga sangat rapuh, sehingga membuka peluang Spanyol untuk masuk dan menguasainya. Keadaan ini mengakibatkan aktivitas ilmiah praktis terhenti dan bergeser ke arah taklid. Tradisi menulis memasuki era baru yaitu penulisan matan dan mukhtashar (ringkasan). Selanjutnya perhatian ulama tertuju pada pensyarahan (memberi penjelasan-penjelasan) pada kitab-kitab matan. Hal ini menunjukkan penurunan kualitas intelektual pada masa itu, pemikiran mereka hanya diarahkan untuk mengkaji teks-teks pendahulunya dan tidak lagi memahami sumber-sumber hukum dan menarik kesimpulan daripadanya. Kalaupun ada ulama’ yang melakukan ijtihad itupun sangat langka. Sejumlah pemikir ushuliyyin (teori fiqh) yang lahir pada abad ini adalah Ibnu Qudamah (dari mazhab Hambali), Al- Amidi dan Al- Baidlowi dari Madzhab Syafii, Ibn Al- Hajib dan Al- Qarafi dari mazhab Maliki. Ketika peperangan berkecamuk beliau Imam Ibnu Malik tetap bersemangat untuk terus meneruskan perjuangan beliau sebagai seorang pelajar dengan cara memperdalam ilmu-ilmu lughot, fiqh hadis, tafsir, mazhab dan lain-lain di Kota Damaskus. Beliau yang asalnya bermazhad Malikiyah, akhirnya pindah ke Syafiiyah. Berkat ketekunan beliau, akhirnya menjadi Imam yang terkenal dibidang lughot Arab, Hadis dan Tafsir. Diantara guru-guru beliau adalah Imam Ibn Yais, Muallif syarah kitab Mufasshal, Tsabit bin Khiyar, Ibn Hajib, dan Abu Ali al- Salupin. Dan diantara murid beliau adalah Imam Abu Zakaria Muhyidin al- Nawawi yang lebih terkenal dengan sebutan Imam An Nawawi, yang beliau sebutkan dalam nadham Al- Fiyyahnya, yaitu ورجل من الكرام عندنا. Ibn Nuhas, Ibn Athas, Ibn Abu Fath dan putra beliau Badruddin yang semuanya menjadi ulama’ besar. KEISTIMEWAAN DAN KEUTAMAAN BELIAU Beliau adalah kepala Madrasah Al- ‘Adiyah di Damaskus, sedangkan hakim besar dan muftinya adalah Ibn Khaliqan. Beliau selalu shalat dibelakang Imam Ibnu Malik dan selalu memegang tangan Ibnu Malik untuk diantar kerumahnya. Semua itu dilakukan untuk mengagungkan derajat Imam Ibnu Malik. Diantara keagungan beliau adalah tidak pernah membaca ilmu dalam keadaan hadas dan selalu menghadap kiblat. Semua itu beliau lakukan mengikuti gurunya yaitu Syekh Ibnu Hajib. KARYA-KARYA IBNU MALIK a. Kitab Al- fiyyah yang disebut juga Al- Khulashah b. Al- Kafiyah dan syarahnya c. Kitab Kamal Al- Umdah dan Syarahnya d. Kitab Lamiyah al- Afal (shorof) e. Kitab Tashil dan syarahnya f. Kitab Al- A’la g. Kitab Al- Taudlih h. Kitab Fawaid al- Nahwiyah wa al- Maqasid al- Nahwiyah i. Kitab Qasidah al- Thaiyah j. Kitab Tashil al- Fawaid Karya beliau yang sangat terkenal dan digunakan di seluruh dunia terutama di dunia pesantren di Indonesia adalah kitab Al-Fiyyah Ibnu Malik yang berisi pokok-pokok dan (hampir keseluruhan ilmu Nahwu dan Sharaf). KISAH IBNU MALIK MENGARANG KITAB AL-FIYYAH Imam Ibnu Malik ketika mengarang Kitab Al-Fiyyah, setelah mendapatkan seribu bait, beliau ingin menulis kembali hasil karyanya. Namun ketika sampai bait فائقة منها بالف بيت (al Fiyyah Ibnu Malik mengungguli Al- Fiyyah Ibnu Mu’thi dengan menggunakan seribu bait) beliau tidak mampu meneruskan karangannya dalam beberapa hari. Kemudian beliau bermimpi bertemu seseorang dan orang itu bertanya : “Katanya kamu mengarang seribu bait yang menerangkan ilmu nahwu ?”. beliau menjawab “Ya”. Lalu orang itu bertanya : “Sampai dimana karanganmu ?” lalu dijawab :”Sampai bait فائقة منها بالف بيت “ , “Apa yang menyebabkan kamu tercegah menyempurnakan bait itu ?” lalu dijawab “Entahlah, saya tidak mampu sejak beberapa hari”, lalu ditanya : “Apakah kamu ingin menyempurnakannya ?” dijawab : “Ya!”. Lalu orang itu berkata “Orang yang masih hidup bisa saja mengalahkan seribu orang yang mati”. Ibnu Malik bertanya : “Apakah engkau guruku (Imam Ibnu Mu’thi) ?”. lalu dijawab “Ya!”. Kemudian Imam Malik merasa malu. dan pagi harinya menggantikan bait bait di atas dengan : وهو بسبق حائز تفضيلا مستوجب ثنائي الجميلا. Setelah itu beliau mampu meneruskan karangan beliau hingga sempurna.

0 comments:

 
TOP