Loading...
18 Oct 2012

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


                                               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah                                   : MI Ma’arif
Mata Pelajaran                                     : Fiqih
Kelas/ Semester                                   : VI Genap
Pertemuan ke                                       : 2
Waktu                                                    : 2 x 35 menit
Standar kompetensi                            : Melaksanakan ketentuan taharah
Kompetensi dasar                                : Menjelaskan macam-macam najis dan tata cara taharahnya
Indikator                                                : Mengklasifikasikan macam-macam najis dan mempraktekkan tatacara taharah
I.                     Tujuan pembelajaran          :  siswa dapat membedakan macam-macam najis dan dapat mempraktekkan                      tata cara membersihkan najis
II.                    Materi ajar                            : 
a. macam-macam najis
- najis berat (mugallazah) adalah suatu materi atau benda yang kenajisannya ditetapkan  berdasarkan dalil yang pasti (qat’i).
- najis Ringan (mukhafafah) adalah najis yang berasal dari air kencing bayi laki-laki yang belum      makan apa-apa kecuali, kecuali air susu ibunya dan umurnya kurang dari 2 tahun.
- najis sedang (mutawassitah) adalah semua najis yang tidak termasuk dua macam najis diatas (mughallazah dan mughafafah).
b. tatacara taharah
-berwudhu (cara menyucikan diri dari hadas kecil)
-mandi (cara menyucikan diri hadas besar)
c. melaksanakan praktek
III.                  Metode pembelajaran        : ceramah, praktek
IV.                  Langkah-langkah pembelajaran meliputi:
a.        Kegiatan awal        :
 -  Salam, Do’a bersama, mengecek kehadiran,
 -  Mengajukan pertanyaan awal tentang materi sebelumnya
b.       Kegiatan inti          :
 - Menjelaskan macam-macam najis
-  Menjelaskan tata cara taharah
-  Mampraktekann tatacara taharah
c.         Kegiatan akhir      : Evaluasi dan penutup

V.                   Alat/bahan/sumber  belajar: Buku cetak
VI.                  Penilaian                                :
a.        Tes                          : siswa diberi soal yang dibentuk esai dan  kemudian dikerjakan oleh siswa.
b.       Non tes                  : siswa disuruh mempraktekkan tata cara taharah.
c.        Drill                         : anak dikasih pertanyaan satu persatu.

0 comments:

 
TOP